Bantu Lansia di Aceh Utara, Kemensos Bangun 27 Rumah Sejahtera Terpadu

  • Bantu Lansia di Aceh Utara, Kemensos Bangun 27 Rumah Sejahtera Terpadu
  • Asset 16
  • Asset 15
  • Asset 17

Aceh Utara, 27 Mei 2024 – Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan strategi nasional kelanjutusiaan terhadap penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak terhadap lanjut usia yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 88 tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, negara selalu berusaha hadir untuk memenuhi hak-hak bagi lanjut usia untuk mencapai kesejahteraan. Hak tersebut tidak hanya dari sisi kesehatan namun juga pemenuhan terhadap kehidupan yang layak, salah satunya yaitu hunian yang layak untuk ditempati.

Pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2024 yang penyelenggaraannya dipusatkan di Kabupaten Aceh Utara, Kementerian Sosial telah melakukan berbagai rangkaian bakti sosial sejak awal Mei 2024 diantaranya yaitu pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu (RST). Saat ini telah ada 27 unit RST dalam tahap penyelesaian yang tersebar di 27 kecamatan pada Kabupaten Aceh Utara dengan standar harus memiliki ruang tamu, kamar tidur, dapur dan kamar mandi yang dilengkapi perabotan rumah tangga dan peralatan memasak.

Salah satu lansia penerima bantuan RST ini adalah Ibu Salbiah, 85 tahun, dari Kecamatan Matangkuli. “Alhamdulillah, terimakasih Ibu Mentri sudah bangunkan saya rumah, saya senang. Alhamdulillah” ujar Ibu Salbiah ketika ditanya kesannya.

RST ini terwujud berkat kerjasama dan gotong royong dari aparat desa, warga serta Tagana dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi rumah, menumbuhkan nilai gotong royong, partisipasi dan kepedulian masyarakat setempat serta meningkatkan pemberdayaan penerima bansos melalui penyediaan tempat usaha bagi lansia yang masih produktif.

Bagikan :