Kepala Pusdatin Kesos Ajak PENS Berkolaborasi Mengatasi Masalah Sosial

  • Kepala Pusdatin Kesos Ajak PENS Berkolaborasi Mengatasi Masalah Sosial
  • Asset 8
  • Asset 9
  • Asset 11
  • Asset 10
  • Asset 13
  • Asset 12

Jakarta, 2 Mei 2024 - Agus Zainal Arifin selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Kapusdatin Kesos) mengajak segenap civitas akademika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) khususnya program studi Teknik Informatika untuk berkolaborasi mengatasi berbagai permasalahan sosial. Ajakan ini disampaikan Kapusdatin Kesos pada kegiatan Visit Industri dan Studi Banding PENS di ruang Command Center Kementerian Sosial pada Kamis, 2 Mei 2024.

Permasalahan sosial saat ini semakin kompleks, namun teknologi bisa menjadi salah satu solusinya, misalnya dalam meningkatkan keakuratan data penerima bantuan sosial dapat menggunakan teknologi informasi berupa aplikasi. Saat ini Kementerian Sosial menggunakan Aplikasi SIKS NG dalam mengumpulkan data serta bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melakukan verifikasi dan validasi. Selain itu dengan teknologi ini juga dapat melibatkan masyarakat untuk aktif memantau penerima bansos disekitarnya yaitu dengan aplikasi cek bansos yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh SDM Pusdatin Kesos.

Penggunaan aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas baik dari sisi waktu, biaya dan jumlah SDM yang terlibat, sehingga menjadi salah satu fokus utama untuk pengentasan kemiskinan.

“Pusdatin Kesos juga selalu terbuka dan memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi untuk bersama melakukan riset dan melakukan projek penelitian” ujar Kapusdatin lebih lanjut untuk pengembangan aplikasi ini.

Bersambut dengan ucapan Kapusdatin tadi, PENS berkeinginan untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan Pusdatin Kesos sesuai dengan potensi yang dimilikinya, sehingga kolaborasi antara perguruan tinggi dan instansi pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dapat diwujudkan.

Bagikan :