Kunjungan dan Konsultasi DTKS Dinas Sosial Kabupaten Manokwari

  • Kunjungan dan Konsultasi DTKS Dinas Sosial Kabupaten Manokwari
  • Manokwari-02

Pada Jumat, 13 Mei 2022 Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos) Kementerian Sosial menerima kunjungan Staf Dinas Sosial Kabupaten Manokwari. Kunjungan tersebut diterima oleh tim Pusdatin Kesos di Ruang Pusdatin Kesos Lantai D Gedung Cawang Kencana.


Dalam kunjungan ini Staf Dinas Sosial Kabupaten Manokwari menanyakan tentang mekanisme verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta mekanisme pembuatan user wilayah dan user operator kabupaten untuk Aplikasi SIKS-NG. Tim Pusdatin Kesos menyampaikan bahwa verifikasi dan validasi DTKS dapat dilakukan melalui Aplikasi SIKS-NG Online. Pada Aplikasi SIKS-NG Online terdapat beberapa menu untuk verifikasi dan validasi data diantaranya menu DTKS, Perbaikan Data, PBI, Verifikasi Kelayakan BNBA, Usulan Bansos/DTKS, dan Verifikasi Sanggahan. Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota dapat melakukan usulan baru DTKS dan usulan untuk mendapatkan bantuan sosial, selain itu dapat juga melakukan verifikasi kelayakan penerima bantuan sosial setiap bulan. Data usulan dan verifikasi kelayakan harus disahkan oleh kepala daerah/wakil kepala daerah/sekretaris daerah atas nama kepala daerah.


Tim Pusdatin Kesos juga menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pelaksanaan verifikasi dan validasi data di daerah, Supervisor Kabupaten/Kota dapat membuat user wilayah sampai level desa/kelurahan dan user Operator Kabupaten/Kota pada Aplikasi SIKS-NG. Pembuatan user ini tidak perlu lagi melalui mekanisme surat-menyurat yang ditujukan ke Pusdatin Kesos Kementerian Sosial.



Penulis :
Admin

Bagikan :