Kunjungan Menteri Sosial RI ke Pusdatin Kesos di Gedung Cawang Kencana

Kunjungan Menteri Sosial RI ke Pusdatin Kesos di Gedung Cawang Kencana

Jakarta, 30 Oktober 2019. Dalam kunjungannya ke Cawang Kencana, Menteri Sosial mengadakan rapat lanjutan dengan Pusat data dan Informasi Kesejahteraan Sosial terkait Peningkatan Kualitasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).  Pada kesempatan ini membahas tentang Tata Kelola Layanan Sistem dan TeknoIogi Informasi.

“Pusdatin Kesos sebagai Unit Kerja yang mengelola data-data kesejahteraan sosial yang sifatnya krusial dan rahasia. Data-data tersebut haruslah dijaga agar tidak dapat diakses ataupun dirubah oleh pihak-pihak yang tidak memiliki wewenang dan kepentingan.” Ujar Kepala Pusdatin Kesos.

Oleh karena itu Pusdatin Kesos menerapkan standar pengamanan informasi yaitu SNI ISO/IEC 27001 dan memiliki sertifikat Sistem Manajemen Pengamanan Informasi. Manfaat dari penerapan SNI ISO/IEC 27001 ini membantu Pusdatin Kesos untuk memastikan keamanan dari setiap informasi yang tersimpan di dalam sistem, baik itu informasi individu dalam data kesejahteraan sosial, informasi internal organisasi ataupun informasi pengguna data.

Menteri Sosial menegaskan, selain keamanan sistem informasi, keamanan fisik di lingkungan kerja Pusdatin Kesos juga harus ditingkatkan. “Karena urusan data sangat penting, saya minta ada protocol securitynya, ruang kerja yang digunakan harus pakai finger print, ruang server hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu saja” tegasnya.

Langkah-langah ini dilakukan sebagai upaya dalam menerapkan standar pengamanan sehingga kualitas kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan data dipastikan tetap aman dan terjaga.



Penulis :
Tim Dista

Bagikan :