Pendampingan Percepatan Perbaikan DTKS di Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua

  • Pendampingan Percepatan Perbaikan DTKS di Kabupaten Puncak Jaya  Provinsi Papua
  • 2
  • Foto3
  • Foto4
Jakarta, 8 September 2021 - Pusdatin Kesos melakukan pendampingan perbaikan data yang dilaksanakan pada tanggal 25-31 Agustus 2021 di Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua. Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi pihak dinas sosial di Kabupaten Puncak Jaya dalam mempercepat proses perbaikan data, berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait dan membantu Pemda mencari solusi akan kendala dalam proses perbaikan data.

Kedatangan Tim Pusdatin Kesos disambut langsung oleh Bupati dan Sekda Kab. Puncak Jaya. Adapun unsur-unsur yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Sekretaris Dinas Sosial, Staff Dinas Sosial, koordinator wilayah Provinsi Papua, dan Dinas Dukcapil.
Beberapa hambatan yang ditemukan di lapangan dalam proses Pendampingan Perbaikan NIK, diantaranya koneksi internat di Kab. Puncak Jaya tidak stabil sehingga menyulitkan dalam mengakses halaman SIKS-NG, operator Dinas Sosial dan beberapa staff tidak mengetahui cara login ke SIKS-NG selain itu SDM tidak merata sehingga menyulitkan dalam proses perbaikan data, dan data-data di DTKS Kab. Puncak Jaya adalah adalah data awal DTKS dan tidak tersentuh sama sekali.

Solusi dari Tim Pusdatin adalah dengan mengadakan bimbingan teknis SIKS-NG pada petugas data di Kab. Puncak Jaya dan menggunakan file format excel jika kondisi jaringan tidak stabil. Capaian hasil dari kegiatan pendampingan percepatan perbaikan data ini adalah pihak dinas sosial terutama pihak operator mulai bisa menggunakan SIKS-NG, prosentase perbaikan DTKS Kab. Puncak Jaya sudah menunjukan peningkatan dimana jumlah data yang sudah diperbaiki sebanyak 23.106 dari jumlah total 108.544 data. 



Penulis :
Admin

Bagikan :