Peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28, Mensos Ajak Peduli Lansia

  • Peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28,  Mensos Ajak Peduli Lansia
  • Asset 28
  • Asset 31
  • Asset 32
  • Asset 31
  • Asset 29

Aceh Utara, 29 Mei 2024. Sehari setelah perayaan Hari Ulang Tahun Taruna Siaga Bencana (HUT Tagana), Kementerian Sosial kembali selenggarakan Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di lapangan Kantor Bupati Aceh Utara pada tanggal 29 Mei 2024.  Dengan mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”, Kementerian Sosial (Kemensos) selaku penyelenggara sekaligus memungkasi serangkaian layanan sosial yang telah diberikan selama bulan Mei 2024 di Kabupaten Aceh Utara.

Dihadiri langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dan 1300 lansia dari berbagai kecamatan di Aceh Utara, Mensos memberikan pesan bahwa penting untuk mendidik generasi muda untuk lebih memperhatikan dan menghormati orang tua dan lansia.  

“Saat ini Kemensos banyak sekali menerima titipan lansia dari anggota keluarganya, kami siap menerima, namun yang terjadi adalah keluarga tidak pernah menjenguk atau mendatangi mereka” ujarnya prihatin dengan kondisi yang ada saat ini. “Orang tua bukanlah beban, tapi merekah yang merawat dan membina kita sewaktu kita kecil, tanpa mereka kita tidak bisa apa-apa” lanjut Menteri berusia 62 tahun itu.

Pada puncak peringatan HLUN ini Kemensos juga memberikan berbagai layanan dan kegiatan yang disiapkan untuk memberikan manfaat yang maksimal bagi para lansia yang hadir, diantaranya yaitu sebanyak 854 lansia mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan dari dokter spesialis  telinga hidung tenggorok (THT),  dokter spesialis penyakit dalam,  dokter spesialis saraf, dokter spesialis orthopedi, hingga  layanan fsioterapi. 

Dikesempatan ini juga sebanyak 176 lansia mengikuti sidang isbat nikah terpadu yang diselenggarakan oleh Mahkamah Syariah, KUA Kemenag, serta Dinas Kependudukan Catatan Sipil ( Dukcapil) Aceh Utara. (ywn)

Bagikan :