Pendampingan Percepatan Perbaikan NIK di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat

  • Pendampingan Percepatan Perbaikan NIK di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pusdatin Kesos melakukan pendampingan perbaikan data dalam rangka mempercepat proses penyelesaian perbaikan NIK pada DTKS yang dilaksanakan pada tanggal 25 s/d 28 Agustus 2021 di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dalam penyelesaian perbaikan data sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait dan membantu pemerintah daerah mencari solusi akan kendala dalam proses perbaikan data. 

Adapun unsur-unsur yang terlibat antara lain Tim Pusdatin Kesos, Dinas Sosial Kota Cimahi, Perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Pendamping Program Bansos (PKH dan Sembako), Pekerja Sosial dan TKSK. Turut hadir Kepala Dinas Sosial Kota Cimahi yang membuka acara secara langsung sekaligus memberikan arahan kepada para petugas data dengan memberikan motivasi dalam penyelesaian proses perbaikan dimaksud.

Beberapa hambatan yang dialami dalam proses perbaikan NIK di Kota Cimahi diantaranya: (1) Dinas sosial masih ragu untuk perbaiki data lebih lanjut terhadap data-data yang hanya memiliki nama dan alamat saja; (2) Masih terdapat beberapa data ganda (data sama persis) yang memiliki bansos berbeda (PKH dan BPNT) yang belum diusulkan hapus, Dinas sosial khawatir jika dihapus salah satu bansosnya dikeluarga tersebut akan hilang; (3) Dinas sosial masih ragu untuk perbaiki data lebih lanjut ketika dalam pengecekan NIK di SIKS-NG muncul informasi NIK sudah terdaftar; (4) Masih terdapat data yang memiliki NIK sudah terdaftar di dukcapil setempat , tetapi ketika dicek di aplikasi SIKS-NG melalui cek Dukcapil, hasilnya data tidak ditemukan. (5) Dinas sosial belum paham mengenai alur mekanisme menu pengajuan pembatalan perbaikan NIK dan belum pernah digunakan sebelumnya.

Dalam kegiatan pendampingan ini, tim Pusdatin Kesos memberikan pelatihan singkat, menyampaikan Informasi terkait tata cara perbaikan NIK serta mencari solusi atas hambatan yang dialami. Untuk perbaikan data NIK ini para operator/petugas data menyandingkan data SIKS-NG dengan data Dukcapil setempat melalui aplikasi SIAK yang dapat diakses oleh masing-masing operator, kemudian juga ada hasil verval berupa data excel yang terdiri dari data SIKS-NG sudah dipadankan dengan Dukcapil setempat.

Proses perbaikan data ini sangat berpengaruh pada proses pemberian dan penyaluran bantuan bagi masyarakat miskin. Meskipun pendampingan ini belum dapat dilakukan di semua daerah di Indonesia, terjadi prosentase perbaikan yang cukup signifikan pada daerah-daerah tertentu sejak adanya pendampingan.



Penulis :
Admin

Bagikan :