Sosialisasi BI Dashboard DTKS : Kupas Tuntas DTKS Kota Tasikmalaya

  • Sosialisasi BI Dashboard DTKS : Kupas Tuntas DTKS Kota Tasikmalaya
  • Tasik01
  • Tasik02
  • Tasik03
  • Tasik05
  • Tasik06
  • Tasik07
  • Tasik04
Selasa, 11 Agustus 2020 - Dalam rangka menyediakan tools analisis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial telah mengembangkan Dashboard Business Inteligence. Dashboard ini menampilkan variabel-variabel DTKS yang disajikan dengan berbagai filter yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan dan perencanaan program yang lebih tepat sasaran. Sehubungan dengan hal tersebut, Pusdatin Kesos melakukan kunjungan ke daerah dalam rangka Kupas Tuntas DTKS Kabupaten/Kota.

Kota Tasikmalaya merupakan kota teraktif yang melaksanakan verifikasi validasi DTKS di Provinsi Jawa Barat dan rangking ke-21 Nasional periode Januari 2020 menjadi daerah yang pertama kali dipilih sebagai sasaran kegiatan ini. 

Kupas Tuntas DTKS Kota Tasikmalaya dilaksanakan di Ruang Rapat Walikota Tasikmalaya di gedung Bale Kota. Peserta yang hadir terdiri dari unsur Dinas Sosial dan undangan OPD Kab/Kota (Bappeda, Dinas Dukcapil, Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan Rakyat & Kawasan Permukiman, Dinas Kesehatan), perwakilan dari 10 kecamatan yang mengikuti pertemuan secara langsung/tatap muka dan perwakilan 69 Kelurahan yang mengikuti pertemuan melalui vidcon.

Adapun rangkaian acara nya yaitu penjelasan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, penjelasan Dashboard Business Intelligence (paparan dan praktek aplikasi), penjelasan Policy Brief yang didalamnya berisi mengenai ringkasan analisis dan rekomendasi kebijakan, diskusi tanya jawab dan pengisian instrumen pemanfaatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Diakhiri dengan serah terima user Dashboard Business Intelligence Kota Tasikmalaya dari Pusdatin Kesos kepada Dinas Sosial setempat melalui penandatangan Berita Acara Serah Terima.


Penulis :
Admin

Bagikan :